Ragam Sentimen, Saham Pilihan Kami (29/9/2024)

Feel free to share!

Mendekati bulan September 2024, apa saja sentimen yang dapat membantu kita mencari cuan di sisa 4 bulan menuju tahun baru ini?

Pemangkasan suku bunga

Ya, ini adalah sentimen pertama yang diyakini pasti akan terjadi, yaitu pemangkasan suku bunga. Bahkan Powell sendiri sudah mengatakan akan memangkas suku bunga di bulan September nanti.

Maka dari sentimen ini, jika dikerucutkan, akan menjadi sentimen positif khusus untuk perbankan dan property, dikarenakan menurunnya bunga kredit adalah alasan untuk meningkatnya demand terhadap perkreditan itu sendiri. Dan saat ini, salah satu objek yang dapat dibeli secara kredit dan termasuk investasi jangka panjang adalah property. Sudah lama sektor ini lesu karena salah satunya adalah isu suku bunga. Saham-saham pilihan dari sektor ini adalah:

  1. BBCA
  2. BBRI
  3. BBNI
  4. BMRI
  5. BBTN
  6. BNGA
  7. PANI
  8. SMRA
  9. BSDE
  10. CTRA
  11. ASRI
  12. APLN
  13. JRPT

Dari list di atas, JRPT adalah saham yang paling terlambat naik dengan adanya akumulasi konsisten dari aksi buyback.

Wabah Monkey Pox

Sentimen kedua ini efeknya lebih ke sektor farmasi dan healthcare. Namun diperkirakan tidak membawa efek sesignifikan COVID-19, karena pada pemberitaan sebelumnya juga tidak berhasil menarik minat investasi pada saham-saham sektor farmasi.

Namun, membuat watch list tidak ada salahnya, apalagi memang ada beberapa yang menarik seperti:

  1. SILO
  2. MIKA
  3. HEAL
  4. RSCH
  5. KAEF
  6. IRRA
  7. MARK

MARK dan IRRA lebih ke alat-alat kesehatan yang mana juga menjadi salah satu subsektor yang diuntungkan dengan adanya sentimen ini.

Kenaikan harga minyak

Sentimen ini agak lebih sulit diikuti karena pada dasarnya harga komoditas berubah setiap hari, namun penguatan harga minyak saat ini didorong oleh 2 hal, yaitu persediaan minyak mentah yang menipis dan konflik timur tengah yang mambatasi jalur distribusi minyak sehingga masih memungkinkan untuk penguatan lanjutan. Di saat bersamaan, sektor perkapalan juga turut terdukung oleh sentimen ini. Maka, saham-sahamnya adalah:

  1. ELSA
  2. MEDC
  3. AKRA
  4. INDY
  5. LEAD
  6. WINS
  7. ARCI

Dikarenakan sektor ini mengalami kejenuhan karena sudah naik lebih dulu, maka strateginya lebih ke buy on weakness.

Semoga watch list ini bermanfaat untuk para pembaca.

Klik di sini untuk menjadi client kami.